Letak Gunung Bromo Dan Pemandangannya Yang Menawan

Bromo tentu menjaadi salah satu tujuan utama bagi para penikmat wisata alam. Pemandangan yang menawan menjadikan Bromo sebagai tempat wisata yang saying jika dilewatkan ketika anda menginjakkan kaki di Jawa Timur. Letak Gunung Bromo yang sangat strategis dengan lautan pasir yang siap menyambut anda ketika berkunjung ke salah satu Gunung terindah di Indonesia tersebut. Gunung yang terletk di empat kabupaaten tersebut siap menyuguhkan panorama alamnya ketika anda memilih untuk masuk melalui daerah Malang. Hal pertama yang akan menyegarkan mata anda ketika menuju Bromo lewat daerah Tumpang adalah keindahan bukit teltubbies-nya. Disebut bukit teletubbies karena bentuknyaa yang mirip dengan bukit yang terdapat pada film teletubbies.

Bukit teletubbies sendiri sejatinya hasil dari gundukan tanah yang sejajar dengan Gunung Bromo. Disamping itu, letak Gunung Bromo yang bersebelahan dengan Gunung Batok menjadikannya terlihat semakin menarik. Gunung Batok yang terdapat disamping kiri Gunung Bromo memiliki tampilan yang serupa dengan Gunung lain yang terdapat di Indonesia. Dengan rekahan-rekahan yang terdapat disetiap sisinya sebagai jalur air hujan ataupun lahar ketika meletusmenjadikan Gunung Batok sebagai objek pemandangan yang menarik setelah gunugn Bromo. Selain itu letaknya yang sangat menawan dengan lautan pasir disekitarnys sering dimanfaatkan oleh para penduduk asli Bromo dengan menyewakan kuda bagi para pengunjung. Luas lautan pasir yang mencapai 5.920 hektar atau mencapai 10 km persegi menjadikan daerah tersebut terlihat seperti negeri diatas awan.

Letak Gunung Bromo yang tepat berada dikaki Gunung Semeru tentu menjadi daya tarik tersendiri ketika berkunjung kesana. Gunung tertinggi di Jawa yang nampak dari Bromo tersebut menawarkan pesona yang terlihat begitu sempurna. Belum lagi ketika anda berkunjung ke Gunung Bromo melalui Monokitri (Pasuruan) atau Nongkojajar (Malang). Ketika anda memilih masuk Bromo melalui jalur ini, pastikan anda berangkat sekitar pukul 1 pagi daari Malang maupun Pasuruan. Hal tersebut bertujuan agar anda dapat menimati pemandangan sunrise dari daerah penanjakan. Keindahan sunrise siap menyuguhkan keindahan Gunung Bromo dengan latar belakang Gunung Semeru yang menjulang perkasa. Belum lagi lautan pasir yang masih terselimut awan akan menyuguhkan pemandangan yng berbeda dari siang hari.

Belum cukup hanya itu, trek untuk mencapai Gunung Bromo sendiri terbilang cukup ekstrim dan sangat memicu adrenalin. Pengalaman tersebut bisa anda dapatkan ketika anda berangkat dari daerrah Tumpaang. Daerah Tumpang memang menjadi jalur yang menarik bagi mereka yang hendak menuju Gunung Bromo maupun Semeru. Selain melewati hutan, jalur tersebut juga memiliki jarak temouh yang lebih pendek dibandingkan dengan jalur lain. Letak Gunung Bromo yang jauh dari keramaian kota juga sangat cocok bagi andaa yang ingin melepaskan kepenatan setelah bekerja selama seminggu. Keindahan alam ciptaan tuhan tersebut selayaknya kita pelihara kelestarian serta keasrian alamnya guna anak cucu kita tetap dapat menikmati keindahan alam, khususnya Gunung Bromo.