Gunung Bromo

Bromo mempunyai ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut dan berada dalam empat wilayah, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Gunung Bromo adalah salah satu permata dan ikon wisata di Jawa Timur yang tak henti menarik wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara. Bahkan, saat terjadi letusan pada November 2010, tak membuat niat wisatawan yang ingin berkunjung surut .

Akses menuju Gunung Bromo bisa ditempuh dari arah Kabupaten Malang, menelusuri jalan berkelok dari Kecamatan Tumpang terus menuju ke arah Timur Kecamatan Poncokusumo dan pada batas Desa terakhir yaitu Desa Ngadas. Dari Desa Ngadas menuju ke persimpangan Jemplang, jaraknya lebih kurang 3 km. 

Di sini pemandangan dari balik punggung Gunung Bromo dengan hamparan savana hijau yang amat luas benar-benar memukau siapa saja yang memandang. Banyak paket wisata yang bisa dipilih serta fasilitas penginapan di sekitar Gunung Bromo. 

Salah satu yang unik di kawasan ini adalah pelaksaan upacara Kasada yang diikuti oleh seluruh suku Tengger yang bermukim di pegunungan ini. Pada upacara ini jumlah pengunjung bisa melonjak berlipat-lipat termasuk berbagai media nasional dan internasional datang meliput. Di samping perayaan tradisional yang disebut "Kasada" juga ada upacara "Karo", yang diselenggarakan oleh masyarakat Tengger. Pokoknya, rugi banget dech kalau orang Indonesia belum pernah ke Gunung Bromo!